Mengenal Lebih Dalam All New Avanza Veloz


Veloz kita ambil dari kata Velocity yang menggambarkan kelincahan dan kecepatan
Menyandang predikat sebagai mobil paling laris di Indonesia, tentu bukan hal mudah bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) mempertahankan kesuksesan Avanza pada generasi terbarunya. Di akhir 2011 silam, TAM sebagai agen pemegang merek (APM) Toyota di Tanah Air resmi memperkenalkan All New Avanza. Perubahannya sangat signifikan dibanding Avanza pendahulunya. Apalagi kini hadir All New Avanza Veloz sebagai varian paling tinggi dari keluarga All New Avanza.
All New Avanza Veloz sebagai varian paling tinggi dari keluarga All New Avanza.
Veloz kita ambil dari kata Velocity yang menggambarkan kelincahan dan kecepatan,” ujar Marketing Director TAM Joko Trisanyoto saat peluncuran All New Avanza. Benarkah?

Desain

 Bentuk bumper bagian depan sangat berbeda dibanding Avanza lawas
Melihat wujud All New Avanza Veloz tak bisa dipungkiri, kita tentu akan membandingkannya dengan sang pendahulu, Avanza 1.5 S. Baik eksterior maupun interior semuanya berubah total. Bahkan khusus All New Avanza Veloz ada beberapa perbedaan dibanding saudara lainnya. Sebut saja bumper bagian depan. Bentuknya sangat berbeda dibanding Avanza lawas. Lekukannya lebih dinamis dipadu airdam yang besar. Ubahan lain bisa dilihat dari headlamp yang kini lebih lebar. Apalagi front grill berbentuk garis horizontal yang tegas disepuh krom mendongkrak kesan elegan dari All New Avanza Veloz.
Bentuk velg 15 inci yang dipadu ban 185/65 juga memiliki desain multi spoke yang baru
Bentuk velg 15 inci yang dipadu ban 185/65 juga memiliki desain multi spoke yang baru. Namun bila diperhatikan, walau ukurannya sama tetapi modelnya tak seelegan pendahulunya yaitu Avanza 1.5 S. Lanjut ke bagian belakang, perubahan antara All New Avanza Veloz dengan Avanza 1.5 S juga terlihat disini. New rearlamp yang melebar dan rear bumper reflector serta rear garnish memang membuat MPV ini layak disebut major change. Walau memiliki desain yang terlihat futuristik, tetapi rasanya terlalu nyeleneh karena banyaknya lekukan pada bagian belakang.
Lekukan futuristik juga bisa ditemui kala membuka pintu All New Avanza Veloz
Lekukan futuristik juga bisa ditemui kala membuka pintu All New Avanza Veloz. Bentuk dashboard dibuat bertingkat, mengesankan suatu perubahan yang fresh, namun kini hadir dalam satu warna dark grey bukan two tone color seperti Avanza 1.5 S. Selain itu kualitas dari keseluruhan kabin All New Avanza Veloz. didominasi dengan material plastik, bahkan dibeberapa titik seperti switch AC dibuat glossy malah muncul kesan tidak seimbang dengan tampilannya.
Interior All New Avanza Veloz
Performance
All New Avanza Veloz bertransmisi 4-speed automotic (A/T)
Sejumlah media yang sempat menjajal MPV bermesin 1.495cc 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i berkode 3SZ-VE ini menyebutkan jika. Mendapatkan All New Avanza Veloz bertransmisi 4-speed automotic (A/T) kami geser tuas transmisi ke “D”. Mobil pun meluncur, akselerasi bawahnya lambat dan hentakan pergantian antar gigi pun masih sedikit terasa. Sensasi berbeda malah terasa ketika transmisi digeser ke posisi “D3″. Putaran mesin terasa lebih responsif dan sanggup mencapai kecepatan di atas 100 km/jam dengan mudah. Tapi pada saat putaran mesin lebih dari 4.000 rpm, mesin pun meraung alias teriak hingga terdengar jelas di dalam kabin sehingga sedikit menimbulkan kebisingan. Masih dipergunakannya mesin yang serupa dengan Avanza 1.5 S membuat konsumsi bahan bakar All New Avanza Veloz masih ada di kisaran 11-12.6 km/liter dengan trek kombinasi.
Putaran mesin terasa lebih responsif dan sanggup mencapai kecepatan di atas 100 km/jam
Saat speedometer sudah bergerak lebih dari 120 km/jam handling juga terasa masih sama dengan Avanza 1.5 S. Gejala over steer serta under steer hanya sedikit saja berkurang dengan adanya suspensi Macpherson Strut with Coil Spring di depan dan 4 Link Lateral Rod with Coil Spring yang telah diracik ulang. Jadi bila ada pihak yang menyebutkan handling All New Avanza Veloz begitu sempurna, hmmm… rasanya sedikit berlebihan.
tenaga  All New Avanza Veloz begitu mengagumkan
Comfort
Dilihat dari sisi harga, All New Avanza Veloz memang bukan lagi disebut mobil murah. Dengan banderol Rp.182,9 juta on the road Jakarta, TAM menawarkan kenyamanan All New Avanza Veloz yang hanya sedikit saja berbeda dibanding Avanza 1.5 S.
Interior Toyota All New Avanza Veloz
Desian jok dibuat lebih lebar dibanding Avanza lawas, busanya juga terasa lebih tebal sehingga mampu menciptakan kesan empuk. Mekanisme sliding yang lebih panjang pada jok baris pertama membuat legroom terasa lebih lebar. Geser jok dengan posisi paling mundur maka Anda yang bertubuh jangkung akan lebih leluasa duduk jadi sopir. Untuk jok baris kedua juga kini bisa sliding, akibatnya ruang penumpang jok kedua makin lega.
Desian jok dibuat lebih lebar dibanding Avanza lawas
Tapi jangan harapkan ada kenyamanan sempurna ketika Anda duduk di bangku ketiga. Bila jok baris kedua dimundurkan, maka ruang gerak jok baris terakhir begitu sempit. Orang yang memilki postur tubuh 175-an cm saja harus sedikit menekuk lutut ketika duduk di tempat ini. Tak cuma itu, tubuh masih terasa ajrut-ajrutan ketika melewati jalan yang sedikit bumpy seperti jalan Tol Cipularang.
ruang gerak jok baris terakhir begitu sempit
Fitur
Sebagai kasta tertinggi di keluarga All New Avanza, Veloz tentu menyajikan fitur paling lengkap. Diantaranya Audio system 2DIN CD/MP3 dengan USB dan iPod Connection yang terintegrasi dengan 6 speaker. Ada juga fitur audio switch steering, rear parking sensor, dan juga Anti-lock Braking System (ABS).
Audio system 2DIN CD/MP3 dengan USB dan iPod Connection
Pada sisi pengemudi juga ditambahkan Multi Information Display (MID) yang menampilkan Trip A, Trip B, Fuel Consumption, Range, dan AVG. Tilt Steering juga menjadi kelebihan All New Avanza Veloz yang sebelumnya tidak ada pada Avanza 1.5 S.
Pada sisi pengemudi juga ditambahkan Multi Information Display (MID)
READ MORE - Toyota All New Avanza
Ternyata yang menjadi mobil terlaris di dunia adalah Toyota Corolla. Setiap 40 detik ada 1 Toyota Corolla yang terjual sejak dulu. Sampai saat ini Toyota telah berhasil terjual 37,5 juta Corolla menggantikan posisi Ford F-series yang baru terjual sebanyak 35 juta.
Toyota Corolla yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1966 ini berhasil mengalahkan Ford F-series yang usianya lebih tua karena sudah lahir sejak 1948. Tapi untuk urusan penjualan, mobil Jepang ini menang. Di bawah Toyota Corolla dan Ford F-series hadir duo Volkswagenyaitu Golf dan Beetle yang masing-masing berhasil terjual hingga 27,5 juta dan 23,5 juta.
Berikut data mobil-mobil yang menjadi mobil terlaris sepanjang masa
1. Toyota Corolla (1966 – sekarang) angka penjualan 37,5 juta
Toyota Corolla (1966 – sekarang) angka penjualan 37,5 juta
2. Ford F-Series (1948 – sekarang) angka penjualan 35 juta.
Ford F-Series (1948 – sekarang) angka penjualan 35 juta.
3. Volkswagen Golf (1974 – sekarang) angka penjualan 27,5 juta
Volkswagen Golf (1974 – sekarang) angka penjualan 27,5 juta
4. Volkswagen Beetle (1933 – 2003) angka penjualan 23,5 juta
Volkswagen Beetle (1933 – 2003) angka penjualan 23,5 juta
5. Ford Escort (1968 – 2000) angka penjualan 20 juta
Ford Escort (1968 – 2000) angka penjualan 20 juta
6. Honda Civic (1972 – sekarang) angka penjualan 18,5 juta
Honda Civic (1972 – sekarang) angka penjualan 18,5 juta
7. Honda Accord (1976 – sekarang) angka penjualan 17,5 juta
Honda Accord (1976 – sekarang) angka penjualan 17,5 juta
8. Ford Model T (1908 – 1927) angka penjualan 16,5 juta
Ford Model T (1908 – 1927) angka penjualan 16,5 juta
9. Volkswagen Passat (1973 – sekarang) angka penjualan 15,5 juta
Volkswagen Passat (1973 – sekarang) angka penjualan 15,5 juta
10. Chevy Impala (1958 – sekarang) angka penjualan 14 juta
. Chevy Impala (1958 – sekarang) angka penjualan 14 juta
READ MORE - 10 mobil paling laris sepanjang masa
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia berhasil mendapatkan predikat mobil terpopuler di masyarakat Indonesia. Hal tersebut berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Agustus lalu, Toyota Avanza berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 11.655 unit. Sementara Daihatsu Xenia berhasil terjual 5.697 unit dan mendapat predikat mobil terlaris kedua. Kemudian diposisi ketiga ditempati Toyota Innova yang berhasil terjual 4.978 unit. Diposisi keempat ada Grand Livina yang mendapatkan penjualan 2.510 unit.

Berikut Daftar 10 mobil terlaris di Indonesia
1. Toyota Avanza (11.655 unit)
toyota avanza Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
2. Daihatsu Xenia (5.697 unit)
Daihatsu Xenia  Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
3. Toyota Innova (4.978 unit
Toyota Innova  Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
4. Nissan Grand Livina (2.510 unit)
Nissan Grand Livina  Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
5. Honda Jazz (2.077 unit)
honda jazz  Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
6. Toyota Rush (2.068 unit)
Toyota Rush  Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
7. Suzuki APV (1.823 unit)
Suzuki apv  Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
8. Daihatsu Terios (1.803 unit)
Daihatsu terios  Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
9. Honda CR-V (1.677 unit)
Honda CR-V  Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
10.Toyota Yaris (1.481 unit)
Toyota Yaris Masuk dalam Daftar 10 Mobil Paling Laris diindonesia
READ MORE - 10 mobil paling laku di indonesia

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) mengeluarkan daftar mobil dengan konsumsi bahan bakar paling irit untuk model 2012. 10 mobil ini didominasi oleh kendaraan Jepang. Hanya dua mobil yang dari Amerika Serikat. Daftar mobil paling irit ini tidak ada satu pun yang bermesin bensin maupun diesel murni. Semuanya adalah mesin hybrid yang merupakan campuran dengan mesin listrik.

Berikut 10 daftar mobil paling irit di dunia untuk model 2012
1. Mitsubishi i
mitsubishi-i- termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
2. Nissan Leaf 2012
Nissan Leaf 2012 termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
3. Ford Transit Connect Electric
ford transit connect electric termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
4. Chevrolet Volt 2012
Chevrolet Volt 2012 termasuk10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
5. Toyota Prius 2012
toyota prius 2012 termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
6. Honda Civic Hybrid 2012
Honda Civic Hybrid 2012 termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
7. Toyota Prius v 2012
Toyota Prius V 2012 termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
8. Lexus CT200h
Lexus CT 200h termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
9. Honda Insight 2012
Honda Insight 2012 termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
10. Toyota Camry Hybrid LE 2012
Toyota Camry Hybrid LE 2012 termasuk 10 Mobil Teririt di Dunia Tahun 2012
READ MORE - 10 mobil paling irit tahun 2012
Kriteria yang masuk dalam daftar ini meliputi harga yang tinggi, fitur mewah, dan punya kecepatan tinggi. Berikut urutannya
1. Posisi pertama ditempati oleh Bugatti Veyron Super Sport. Mobil seharga US$ 2,6 juta atau Rp23,4 miliar ini memiliki mesin 16 silinder dan dapat menghasilkan tenaga 1.200 hp. Bugatti Veyron Super Sport dapat melaju dari kecepatan 0-100km/jam dalam waktu 2,4 detik.
Bugatti Veyron Super Sport. Mobil seharga US$ 2,6 juta atau Rp23,4 miliar
2. Posisi kedua ditempati oleh supercar asal Italia Ferrari 599XX. Mobil ini dapat melesat dari kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 2.9 detik. Tenaganya berasal mesin V12 yang dapat melontarkan tenaga 700 hp. Ferrari 599XX dibanderol dengan harga US$ 2 juta atau sekitar Rp18 miliar.
Ferrari 599XX dibanderol dengan harga US$ 2 juta atau sekitar Rp18 miliar.
3. Di tempat ketiga dihuni Zenvo ST1. Supercar buatan Denmark ini dihargai US$ 1,8 juta atau sekitar Rp16 miliar.
Zenvo ST1 seharga US$ 1,8 juta atau sekitar Rp16 miliar
4. Kemudian di posisi empat, didapat oleh Koenigsegg Agera R, dengan kisaran harga US$ 1,7 juta atau sekitar Rp15,3 miliar.
Koenigsegg Agera R, dengan kisaran harga US$ 1,7 juta atau sekitar Rp15,3 miliar
5. Untuk posisi kelima adalah Aston Martin One-77 dan mempunyai harga US$ 1,4 juta atau sekitar Rp12,6 miliar.
Aston Martin One-77 dan mempunyai harga US$ 1,4 juta atau sekitar Rp12,6 miliar
6. Posisi keenam diisi oleh Maybach Landaulet yang memiliki harga US$ 1,4 juta atau sekitar Rp12,6 miliar.
Maybach Landaulet yang memiliki harga US$ 1,4 juta atau sekitar Rp12,6 miliar
7. Adapun posisi ketujuh berhasil diduduki oleh Pagani Huayra, yang dilepas ke pasar dengan harga US$ 1,3 juta atau sekitar Rp11,7 miliar.
Pagani Huayra dilepas ke pasar dengan harga US$ 1,3 juta atau sekitar Rp11,7 miliar.
8. Mobil buatan amerika, Hennessey Venom GT harus puas di posisi kedelapan dengan harga banderol US$ 1 juta atau sekitar Rp9 miliar.
Hennessey Venom GT dengan harga banderol US$ 1 juta atau sekitar Rp9 miliar.
9. Di posisi sembilan ada SSC Tuatara (US$ 970.000 atau sekitar Rp8,7 miliar).
SSC Tuatara (US$ 970.000 atau sekitar Rp8,7 miliar)
10. Urutan sepuluh ditempati oleh Porsche 918 Spyder (US$ 845.000 atau sekitar Rp7,6 miliar).
Porsche 918 Spyder (US$ 845.000 atau sekitar Rp7,6 miliar).
READ MORE - 10 mobil paling mahal di dunia
next page

Entri Populer

top