Pemegasan pada kendaraan dihasilkan oleh: ban pegas suspensi dan pegas tempat duduk.
Massa tak terpegas (A), meliputi:
Roda, rem, aksel dan pegas bagian bawah.
Massa terpegas (B), meliputi:
Bodi dan semua komponen yang melekat pada bodi, penumpang barang dan pegas bagian atas.
Kendaraan semakin nyaman jika massa tak terpegas semakin ringan
1. Pegas DaunSifat – sifat:
- Konstruksi sederhana
- Dapat meredam getaran sendiri (gesekan antara daun pegas)
- Berfugsi sebagai lengan penyangga (tidak memerlukan lengan, memanjang – melintang)
Pegas Koil
Pada saat pemegasan, batang pegas koil menerima beban puntir dan lengkung
Sifat-sifat:
- Langkah pemegasan panjang
- Tidak dapat meredam getaran sendiri
- Tidak dapat menerima gaya horisontal (perlu lengan-lengan)
- Energi beban yang diabsorsi lebih besar daripada pegas daun
- Dapat dibuat pegas lembut
Pegas Batang Torsi (Puntir)
Sifat – sifat:- Memerlukan sedikit tempat
- Energi yang diabsorsi lebih besar daripada pegas lain
- Tidak mempunyai sifat meredam getaran sendiri
- Dapat menyetel tinggi bebas mobil
- Langkah pemegasan panjang
- Mahal
Suspensi Independen
Pegas Hidropnuematis
Sifat – sifat:
- Elastisitas tinggi
- Saat pemegasan tidak timbul gelembung udara pada oli
- Dapat untuk mengatur tinggi bebas kendaraan
Kendaraan penumpang / sedan
sumber : http://winof.wordpress.com/2011/01/10/macam-macam-pegas/
0 komentar:
Posting Komentar