Mengenal Lebih Dalam All New Avanza Veloz
Menyandang predikat sebagai mobil
paling laris di Indonesia, tentu bukan hal mudah bagi PT Toyota Astra
Motor (TAM) mempertahankan kesuksesan Avanza pada generasi terbarunya.
Di akhir 2011 silam, TAM sebagai agen pemegang merek (APM) Toyota di
Tanah Air resmi memperkenalkan All New Avanza. Perubahannya sangat
signifikan dibanding Avanza pendahulunya. Apalagi kini hadir All New
Avanza Veloz sebagai varian paling tinggi dari keluarga All New Avanza.
Veloz kita ambil dari kata Velocity
yang menggambarkan kelincahan dan kecepatan,” ujar Marketing Director
TAM Joko Trisanyoto saat peluncuran All New Avanza. Benarkah?
Desain
Melihat wujud All New Avanza Veloz tak
bisa dipungkiri, kita tentu akan membandingkannya dengan sang
pendahulu, Avanza 1.5 S. Baik eksterior maupun interior semuanya
berubah total. Bahkan khusus All New Avanza Veloz ada beberapa
perbedaan dibanding saudara lainnya. Sebut saja bumper bagian depan.
Bentuknya sangat berbeda dibanding Avanza lawas. Lekukannya lebih
dinamis dipadu airdam yang besar. Ubahan lain bisa dilihat dari
headlamp yang kini lebih lebar. Apalagi front grill berbentuk garis
horizontal yang tegas disepuh krom mendongkrak kesan elegan dari All
New Avanza Veloz.
Bentuk velg 15 inci yang dipadu ban
185/65 juga memiliki desain multi spoke yang baru. Namun bila
diperhatikan, walau ukurannya sama tetapi modelnya tak seelegan
pendahulunya yaitu Avanza 1.5 S. Lanjut ke bagian belakang, perubahan
antara All New Avanza Veloz dengan Avanza 1.5 S juga terlihat disini.
New rearlamp yang melebar dan rear bumper reflector serta rear garnish
memang membuat MPV ini layak disebut major change. Walau memiliki
desain yang terlihat futuristik, tetapi rasanya terlalu nyeleneh karena
banyaknya lekukan pada bagian belakang.
Lekukan futuristik juga bisa ditemui
kala membuka pintu All New Avanza Veloz. Bentuk dashboard dibuat
bertingkat, mengesankan suatu perubahan yang fresh, namun kini hadir
dalam satu warna dark grey bukan two tone color seperti Avanza 1.5 S.
Selain itu kualitas dari keseluruhan kabin All New Avanza Veloz.
didominasi dengan material plastik, bahkan dibeberapa titik seperti
switch AC dibuat glossy malah muncul kesan tidak seimbang dengan
tampilannya.
Performance
Sejumlah media yang sempat menjajal MPV
bermesin 1.495cc 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i berkode 3SZ-VE ini
menyebutkan jika. Mendapatkan All New Avanza Veloz bertransmisi 4-speed
automotic (A/T) kami geser tuas transmisi ke “D”. Mobil pun meluncur,
akselerasi bawahnya lambat dan hentakan pergantian antar gigi pun masih
sedikit terasa. Sensasi berbeda malah terasa ketika transmisi digeser
ke posisi “D3″. Putaran mesin terasa lebih responsif dan sanggup
mencapai kecepatan di atas 100 km/jam dengan mudah. Tapi pada saat
putaran mesin lebih dari 4.000 rpm, mesin pun meraung alias teriak
hingga terdengar jelas di dalam kabin sehingga sedikit menimbulkan
kebisingan. Masih dipergunakannya mesin yang serupa dengan Avanza 1.5 S
membuat konsumsi bahan bakar All New Avanza Veloz masih ada di kisaran
11-12.6 km/liter dengan trek kombinasi.
Saat speedometer sudah bergerak lebih
dari 120 km/jam handling juga terasa masih sama dengan Avanza 1.5 S.
Gejala over steer serta under steer hanya sedikit saja berkurang dengan
adanya suspensi Macpherson Strut with Coil Spring di depan dan 4 Link
Lateral Rod with Coil Spring yang telah diracik ulang. Jadi bila ada
pihak yang menyebutkan handling All New Avanza Veloz begitu sempurna,
hmmm… rasanya sedikit berlebihan.
Comfort
Dilihat dari sisi harga, All New Avanza
Veloz memang bukan lagi disebut mobil murah. Dengan banderol Rp.182,9
juta on the road Jakarta, TAM menawarkan kenyamanan All New Avanza
Veloz yang hanya sedikit saja berbeda dibanding Avanza 1.5 S.
Desian jok dibuat lebih lebar dibanding
Avanza lawas, busanya juga terasa lebih tebal sehingga mampu
menciptakan kesan empuk. Mekanisme sliding yang lebih panjang pada jok
baris pertama membuat legroom terasa lebih lebar. Geser jok dengan
posisi paling mundur maka Anda yang bertubuh jangkung akan lebih
leluasa duduk jadi sopir. Untuk jok baris kedua juga kini bisa sliding,
akibatnya ruang penumpang jok kedua makin lega.
Tapi jangan harapkan ada kenyamanan
sempurna ketika Anda duduk di bangku ketiga. Bila jok baris kedua
dimundurkan, maka ruang gerak jok baris terakhir begitu sempit. Orang
yang memilki postur tubuh 175-an cm saja harus sedikit menekuk lutut
ketika duduk di tempat ini. Tak cuma itu, tubuh masih terasa
ajrut-ajrutan ketika melewati jalan yang sedikit bumpy seperti jalan
Tol Cipularang.
Fitur
Sebagai kasta tertinggi di keluarga All
New Avanza, Veloz tentu menyajikan fitur paling lengkap. Diantaranya
Audio system 2DIN CD/MP3 dengan USB dan iPod Connection yang
terintegrasi dengan 6 speaker. Ada juga fitur audio switch steering,
rear parking sensor, dan juga Anti-lock Braking System (ABS).
Pada sisi pengemudi juga ditambahkan
Multi Information Display (MID) yang menampilkan Trip A, Trip B, Fuel
Consumption, Range, dan AVG. Tilt Steering juga menjadi kelebihan All
New Avanza Veloz yang sebelumnya tidak ada pada Avanza 1.5 S.
0 komentar:
Posting Komentar