Klep atau dalam bahasa inggrisnya bernama Valve biasa di sebut juga katup
berfungsi mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa
pembakaran pada mesin motor. Tugas dari klep sendiri sangat berat dan
vital, karena apabila ada kebocoran/ganguan
sedikit saja pada klep akan mengakibatkan tenaga mesin menjadi menurun
atau istilah kerennya performa mesin ngedrop. Maka dari itu kenali klep
atau katup dan kelengkapannya.
Klep (Valve)
Klep (Valve)
Ukuran
payung Klep isap dibuat lebih lebar dari klep buang dengan tujuan agar
pengisian gas baru lebih optimal. Klep isap biasanya terbuat dari
campuran baja chrom dan silikon dan pada bagian dudukan dan ujung batang
klep diperkeras agar klep lebih awet.
Untuk klep buang terbuat
dari dua logam baja yang berbeda, untuk batang klep dari baja yang
mempunyai sifat luncur yang baik dan untuk payung klep dari baja tahan
panas karena temperatur pada klep buang dapat mencapai 800 derajat
celcius.
Per Klep (Spring Valve)
Per Klep (Spring Valve)
Per
klep atau pegas klep berfungsi untuk menutup (mengembalikan klep ke
posisi semula)dan menahan klep pada saat posisi membuka.
Sebisa
mungkin kekerasan pegas klep sesuai anjuran pabrik, karena apabila pegas
klep terlalu lemah akan mengakibatkan klep bergetar dan pada saat
putaran tinggi klep tidak akan menutup sempurna sehingga terjadi
kebocoran gas yang akan mengakibatkan tenaga motor menjadi loyo.
Begitu
juga sebaliknya apabila pegas klep terlalu kuat akan mengakibatkan
keausan pada penggerak klep seperti noken-as dan tuas klep. Dan apabila
dibiarkan terus menerus tuas klep (rocker arm) bisa patah.
Sil klep (seal valve)
Sil klep (seal valve)
Sil
klep berfungsi untuk mencegah pelumas (oli) mengalir ke saluran masuk
atau buang ruang bakar. Apabila sil klep rusak atau robek dapat
mengakibatkan knalpot menjadi ngebul atau berasap, karena pelumas ikut
terbakar di ruang bakar atau jika sil klep buang yang robek pelumas akan
terbakar karena panas di knalpot.
Pengantar/pemegang klep (Split Valve Guide)
Pengantar/pemegang klep (Split Valve Guide)
Penghantar
klep berfungsi sebagai selongsong atau memegang klep agar posisinya
tidak goyang dan mentranfer panas pada klep ke kepala silinder. Bahannya
terbuat dari besi tuang khusus dan di campur dengan tembaga. Keausan
selonsong klep dapat menyebabkan posisi daun klep tidak rapat dan
pemakaian oli menjadi boros karena menyelinap lewat selonsong klep.
Dudukan klep
Dudukan klep
Macam dari dudukan klep ada dua macam, yaitu
1. Langsung dibentuk pada kepala silinder, dan hanya mungkin digunakan pada kepala silinder berbahan besi tuang.
2.
Dudukan klep berbentuk ring yang dipres pada kepala
silinder,keuntungannya apabila ring aus dapat diganti dan lebih awet
karena terbuat dari bahan yang keras.
sumber: http://www.laskar-suzuki.com/2012/04/fungsi-klepkatupvalve-dan.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Entri Populer
-
Chassis pada mobil meliputi suspensi yang menopang axle, kemudi untuk mengatur arah kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan jala...
-
Simbol Listrik dan Simbol Komponen Elektronika Hello sahabat Elind, berjumpa lagi. Kali ini Elind akan berbagi tentang simbol listrik dan...
-
MODUL PEMELIHARAN/SERVIS Sistem KEMUDI dan Komponen-komponennya ©coppyright; Asnawi 1. Tujuan Pembelajaran Umum a. Memahami k...
-
1. Nama-nama komponen utama AC (Air Conditioners) AC atau Air Conditioners, adalah suatu rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi...
-
Artikel ini memuat tentang cara kerja pengapian mesin mobil (ignition) pada umumnya, baik dengan menggunakan platina maupun dengan mengguna...
0 komentar:
Posting Komentar