Anda
pasti mengetahui komponen bernama klep/katup pada motor, fungsi klep
sendiri adalah mengatur masuknya gas baru ke dalam silinder dan mengatur
pembuangan gas bekas sisa pembakaran ke saluran buang. Tetapi hari ini
saya tidak akan membahas masalah klep, tetapi saya akan membahas tentang macam - macam penggerak klep dengan noken-as.
Jika
di lihat dari letaknya noken-as, penggerak klep di bagi menjadi 2
bagian yaitu penggerak katup dengan noken-as dibawah dan penggerak katup
dengan noken-as dibatas. Mari kita ulas satu persatu keuntungan dan
kerugiannya........
Penggerak katup dengan noken-as dibawah di bagi menjadi 2 macam, yaitu:
SIDE VALVE
1. Klep di samping (side valve)
Posisi klep berdiri terletak di samping blok mesin motor dengan payung klep berada diatas.
Keuntungannya :
- Tidak berisik
- Konstruksi sederhana
- Bentuk mesin motor menjadi pendek
Kerugiannya :
- Bentuk ruang bakar tidak terlalu besar, sehingga membutuhkan ruang yang besar.
- Penyetelan celah klep sulit.
overhead valve/OHV
2. Klep di kepala (overhead valve)
Posisi klep berada di kepala silinder dan posisinya menggantung.
Keuntungannya :
- Bentuk ruang bakar baik
Kerugiannya :
-
Banyaknya bagian - bagian komponen yang bergerak, yang mengakibatkan
kelembaman massa besar dan tidak ideal untuk mesin dengan rpm tinggi
(khusus motor touring)
Penggerak katup dengan noken-as diatas (overhead camshaft) di bagi menjadi 2 macam, yaitu:
SOHC
1. Satu noken-as di kepala silinder (Single overhead camshaft / SOHC).
Posisi
noken-as ada di atas kepala silinder dan langsung menggerakkan tuas
klep. Contohnya : SUZUKI AXELO, SUZUKI, TITAN, SUZUKI Thunder, SUZUKI
NEX, SUZUKI Skydrive, SUZUKI Hayate
Keuntungannya :
- Sedikit bagian komponen yang bergerak
- Kelembaman massa kecil, sangat bagus untuk mesin motor dengan rpm tinggi
- Penyetelan klep lebih mudah
Kerugiannya :
- Konstruksi mesin lebih tinggi atau lebih panjang.
DOHC
2. Dua noken-as di kepala silinder (Double overhead camshaft / DOHC).
Noken-as langsung menggerakkan mangkok penumbuk klep, Contohnya : pada motor SUZUKI Satria FU 150
Keuntungannya :
- Bentuk ruang bakar sangat baik
- Susunan klep menguntungkan karena berbentuk V
- Kelembaman massa paling kecil di bandingkan dengan yang lain.
Kerugiannya :
- Konstruksi memerlukan biaya lebih mahal.
- Penyetelan klep lebih sulit karena menggunakan shim
sumber: http://www.laskar-suzuki.com/2012/03/macam-macam-penggerak-klep-dengan-noken.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Entri Populer
-
Chassis pada mobil meliputi suspensi yang menopang axle, kemudi untuk mengatur arah kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan jala...
-
Simbol Listrik dan Simbol Komponen Elektronika Hello sahabat Elind, berjumpa lagi. Kali ini Elind akan berbagi tentang simbol listrik dan...
-
MODUL PEMELIHARAN/SERVIS Sistem KEMUDI dan Komponen-komponennya ©coppyright; Asnawi 1. Tujuan Pembelajaran Umum a. Memahami k...
-
1. Nama-nama komponen utama AC (Air Conditioners) AC atau Air Conditioners, adalah suatu rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi...
-
Artikel ini memuat tentang cara kerja pengapian mesin mobil (ignition) pada umumnya, baik dengan menggunakan platina maupun dengan mengguna...
0 komentar:
Posting Komentar