Setiap manufaktur/pabrikan, selalu membuat berbagai macam motor. Ada beberapa jenis motor sesuai dengan kegunaan dan bentuknya. Berikut ada beberapa jenisnya :

1. SPORT BIKE

Salah satu jenis Sport Bike, Yamaha YZF 1000 cc (R-1)

Salah satu jenis Sport Bike, Yamaha YZF 1000 cc (R-1)

Ini jenis yang motor berkategori sport. Motor jenis ini lebih mengutamakan performa daripada kenyamanan. Ciri ciri motor ini adalah : 1. Memiliki riding position membungkuk 2. Memiliki jok belakang bertingkat 3. Menggunakan fairing 4. Suspensi belakangnya menganut sistem monoshock. Motor ini digunakan untuk balapan di jalan beraspal. Karena jarak bodi motor dan tanah lumayan rendah. Hal ini untuk menjaga aerodinamis motor agar motor bis melaju kencang tanpa hambatan dari bodi. Sekali lagi ini adalah jenis motor balap.

2. ROAD BIKE SPORT

Salah satu jenis Road Bike, Yamaha Fazer 250 cc

Salah satu jenis Road Bike, Yamaha Fazer 250 cc

Motor jenis ini digunakan di jalan beraspal, namun tidak digunakan untuk ajang balapan. Motor jenis ini digunakan untuk sehari-hari. Motor jenis ini mempunyai jarak bodi dan tanah yang lebih tinggi dibandingkan Sport Bike. Motor jenis ini juga bisa digunakan di medan berbatu, walaupun penggunaannya terbatas, dibandingkan dengan motor jenis Offroad Bike.

3. CRUISER BIKE

Salah satu jenis Road Bike, Harley Davidson sportster 1200 cc

Salah satu jenis Road Bike, Harley Davidson sportster 1200 cc

Motor jenis ini umumnya bergaya Chopper. Karena ciri ciri motor jenis ini adalah Retro Classic, memiliki torsi mesin yang besar dan mempunyai kemampuan menarik beban besar. Biasanya motor jenis ini identik dengan mesin 2 silinder, riding position yang santai dan bergaya Chopper. Contoh motor ini adalah produk pabrikan Harley Davidson.

4. OFFROAD BIKE

Salah satu jenis Offroad Bike, Suzuki DR Z400S dual sport 400 cc

Salah satu jenis Offroad Bike, Suzuki DR Z400S dual sport 400 cc

Jenis motor yang dikhususkan untuk melibas medan berat. Misalnya medan berbatu dan berlumpur. Motor jenis ini mempunyai ciri kontur ban kasar, menyerupai pacul atau tahu. Motor jenis ini mempunyai torsi besar dan tahan banting. Jarak bodi dan tanah relatif tinggi. Motor jenis ini tidak mengejar top speed, namun akselerasi. Motor jenis ini memiliki jenis suspensi yang lebih daripada motor lain karena penggunaannya di medan berat.

5. ALL TERRAIN BIKE

Salah satu jenis All Terrain Bike, Honda Fourtrax 400 cc

Salah satu jenis All Terrain Bike, Honda Fourtrax 400 cc

Jenis motor ini hampir sama dengan Offroad bike, namun motor jenis ini mempunyai 4 roda. Motor jenis ini digunakan untuk segala medan yang lebih ekstrim. Sesuai dengan namanya, motor ini juga mempunyai torsi besar namun low di top speednya. Motor jenis ini juga disebut dengan All Terrain Vehicle, atau kendaraan segala medan.

6. SNOW BIKE

Salah satu jenis Snow Bike, Yamaha V-Max 500 cc

Salah satu jenis Snow Bike, Yamaha V-Max 500 cc

Jenis motor ini khusus digunakan untuk medan bersalju. Di negara kita, motor jenis ini tidak dijual. Karena negara kita beriklim tropis. Motor jenis ini tidak menggunakan roda, melainkan menggunakan sistem caterpillar. Sistem yang digunakan untuk Tank. Sedangkan untuk kemudi, menggunakan dua bilah besi agar bisa meluncur di atas salju.

7. MOPED

Moped yang menjadi legenda motor di tanah air, Honda Astrea Prima

Moped yang menjadi legenda motor di tanah air, Honda Astrea Prima

Motor jenis inilah yang merajai jalanan di negara kita. Motor jenis ini lebih dikenal dengan istilah motor bebek. Motor moped memang sangat kondang di Asia. Motor jenis ini memang khusus digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Motor ini biasanya ber-cc kecil, karena penggunaannya.

8. SKUTER

Salah satu jenis Skuter yang legendaris, Piaggio dengan varian  Vespanya

Salah satu jenis Skuter yang legendaris, Piaggio dengan varian Vespanya

Motor jenis ini mempunyai ciri khas yaitu adanya ruang kosong diantara kemudi dan pengendara. Pabrikan pelopor pembuat skuter ialah Piaggio. Pabrikan asal Italia ini sukses dengan varian Vespanya. Sehingga sampai saat ini skuter selalu identik dengan Vespa Piaggio. Motor jenis ini sangat cocok untuk pengendara wanita. Saat ini skuter banyak yang menggunakan tranmisi otomatis. Contohnya Yamaha mio dan Honda Vario.

sumber:

http://krisnadipayana2.wordpress.com/2009/02/10/125/


0 komentar:

Poskan Komentar

next page

Entri Populer

top