Sebenarnya perawatan ac mobil yang bisa dilakukan anda sebagai pemilik mobil adalah mencegah saja, akan tetapi jika sudah terjadi masalah yang tidak anda pahami maka segeralah menuju bengkel terdekat atau yang dipercayai oleh anda.

Berikut beberapa cara perawatan aca mobil anda :

1.AC mobil supaya angin dingin dapat bertahan lama
Secara teknis jika kondisi kebersihan mobil anda terjaga, maka kondisi angin dingin di mobil anda akan dapat bertahan lebih lama. Secara singkat jika mobil anda kotor, maka segala debu akan disedot dan menempel di blower ac mobil dan evapurator hal itu akan membuat kadar angin dingin ac menjadi kecil karena menyumbat angin dingin di evapurator. Oleh karena itu rajin-rajin lah menjaga kebersihan mobil anda. Disarankan minimal dalam satu tahun ac mobil diservice.

2. Compressor AC supaya awet
Dalam komponen ac mobil, compressor merupakan yang termahal. Supaya compressor dapat awet secara teknis disarankan agar compressor tidak dihidupkan dalam kondisi gas mobil sedang digunakan karena hal tersebut diibaratkan seperti mengejut compressor secara mendadak, oleh karena itu disarankan sebelum power angine mobil dimatikan maka tombol ac dioffkan terlebih dahulu.

3.Sensi terhadap segala masalah ac mobil
Jika anda mendengar bunyi baik dalam mobil ataupun di kap mesin maka jangan disepelekan. Bunyi yang sering terdengar adalah mungkin bunyi menderit di kap mesin, jika hal tersebut terjadi dengan mobil anda maka fanbelt sudah aus. Akan tetapi jika suara menggorok yang muncul jika ac dinyalakan dan berasal dari compressor, maka segera lah ke bengkel terpercaya anda dan service lah compressor anda sebelum terjadi hal yang lebih parah.

4.Selang pembuangan air ac
Jika ac mobil anda sedang bekerja dan air yang banyak menetes keluar dari bawah mobil anda maka hal tersebut adalah normal. Akan tetapi jika tidak ada air yang menetes keluar dari bagian bawah mobil maka selang pembuangan air ac mobil anda kemungkinan besar kesumbat atau mampet. Jika anda ingin mencoba memperbaiki sendiri, maka anda masuklah ke kolong mobil dan carilah selang air yang tesambungkan dengan blower unit ac dan chek selang tersebut.

Selamat mencoba, jika ada yang kurang paham. Silakan hubungi kami. Thx.


sumber: forum.otomotifnet.com

0 komentar:

Posting Komentar

next page

Entri Populer

top