Bagian Sepeda Motor yang tak kalah pentingnya dalam Memberikan Kenyamanan Saat Berkendara adalah Instalasi kelistrikan yang Baik,, selain Mesin dan Bodi/ sasis serta penampilan tentunya.. Namun kebanyakan Mekanik Bengkel kurang memperhatikan Bagian Ini Saat melakukan Service Kendaraan anda,, maka tidak ada salahnya jika kita sendiri yang Merawat Bagian kelistrikan ini Sendiri Agar semua Komponen Kelistrikan Motor kita menjadi Awet serta senantiasa BerFungsi Maximal seperti Saat Masih Baru meskipun Usia Motor kita sudah Lebih 2 tahunan..
Bagian Kelistrikan pada Motor sendiri terdiri dari 2 jalur,, yaitu :
(1) jalur Kelistrikan Pengapian,, yaitu jalur Kelistrikan dari Spul hingga ke Busi yang berfungsi mensuplai Arus listrik yang di gunakan untuk Proses Pembakaran pada Mesin..
(2) Jalur Kelistrikan Regulator (DC) yang di gunakan Untuk Mensuplai Arus Listrik Instrumen-Instrumen Kendaraan Seperti : klakson,lampu utama, lampu sein dan lain sebagainya..
Bagian yang pertama dalam Service atau Perawatan adalah Memeriksa level air aki pada kendaraan yang masih Menggunakan Aki Basah..

Bila sudah berkurang segera tambah dengan air lunak kembali hingga batas paling Atas lever air yang di Rekomendasikan,, Jangan Lupa sebelum di pasang Kembali Untuk Meng_Amplas ke-2 kutup aki dengan Amplas Halus hingga Bersih..

Tujuannya Agar Arus listrik Lancar Keluar masuk dan Memperkecil hambatan listrik yang berpotensi menghasilkan Panas,, Tak lupa juga Lepas Bagian-bagian Sambungan Soket-soket guna di Bersihkan Dan DiAmplas sampai bersih pula..

Supaya arus listrik yang Melewati sambungan-sambungan Tersebut menjadi lancar tanpa terhalang Debu-Jamur-ataupun Karat,, dan jangan lupa setelah Memasang kembali Soket-soket tersebut untuk MenCepitnya Kembali dengan Menggunakan Tanggem atau alat penjepit lainya..

Tujuannya Adalah Agar kepala-soket yang sudah kita Bersihkan / amplas tadi Merekat kuat satu sama lain sesuai pasangannya,, Karena Kalo Sambungan-Sambungan Soket ini Longgar atau Kurang Kuat dapat menyebabkan Hambatan Arus yang dapat berakibat Tinbuulnya suhu panas pada Kabel Instalasi yang Merupakan Pemicu utama terbakarnya isolasi kabel yang dapat menyebabkan Arus Pendek / Korslet atau putusnya kabel..
Biasanya dengan Perawatan Ini Dapat mempertahankan Kwalitas Komponen kelistrikan Motor kita BerFungsi seperti waktu masih Baru,, terutama bagi Motor yang sudah Berusia diatas 3 tahunan..
“Kalo Bukan kita yang Menyayangi Motor Kita,, Siapa lagiiii..”
Semoga ada Mamfaatnya,, KIP BRADEHUD en PISS..


sumber: http://hourex150l.wordpress.com/2011/11/11/service-merawat-instalasi-kelistrikan-motor/

0 komentar:

Posting Komentar

next page

Entri Populer

top