Poros kardan
A drive shaft , driving shaft , propeller shaft , or Cardan shaft is a mechanical component for transmitting torque and rotation, usually used to connect other components of a drive train that cannot be connected directly because of distance or the need to allow for relative movement between them. Sebuah poros kardan, mengemudi poros, baling-baling, atau Cardan poros adalah komponen mekanis untuk transmisi torsi dan rotasi, biasanya digunakan untuk menghubungkan komponen lain dari sebuah perjalanan kereta api yang tidak dapat terhubung secara langsung karena jarak atau kebutuhan untuk memungkinkan pergerakan relatif antara mereka.
Drive shafts are carriers of torque : they are subject to torsion and shear stress , equivalent to the difference between the input torque and the load. Drive shaft adalah pembawa torsi: mereka tunduk pada torsi dan tegangan geser, setara dengan perbedaan antara input torsi dan beban. They must therefore be strong enough to bear the stress, whilst avoiding too much additional weight as that would in turn increase their inertia . Karena itu mereka harus cukup kuat untuk menanggung stres, sementara menghindari terlalu banyak tambahan berat badan seperti itu pada gilirannya akan meningkatkan inersia.
Automotive drive shafts Otomotif drive shaft
Vehicles Kendaraan
An automobile may use a longitudinal shaft to deliver power from an engine/transmission to the other end of the vehicle before it goes to the wheels. Sebuah mobil dapat menggunakan poros longitudinal untuk memberikan daya dari mesin / transmisi ke ujung lain kendaraan sebelum pergi ke roda. A pair of short drive shafts is commonly used to send power from a central differential , transmission , or transaxle to the wheels. Sepasang shaft drive pendek biasanya digunakan untuk mengirim daya dari pusat diferensial, transmisi, atau transaxle ke roda.[ edit ] Front-engine, rear-wheel drive [Sunting] Front-engine, rear-wheel drive
Main article: Front-engine, rear-wheel drive layout Artikel utama: Front-engine, rear-wheel drive layout
In front-engined, rear-drive vehicles, a longer drive shaft is also required to send power the length of the vehicle. Di depan mesin, drive belakang kendaraan, poros kardan yang lebih panjang juga diperlukan untuk mengirim kekuatan panjang kendaraan. Two forms dominate: The torque tube with a single universal joint and the more common Hotchkiss drive with two or more joints. Mendominasi dua bentuk: The torsi tabung dengan satu sendi universal dan yang lebih umum Hotchkiss drive dengan dua atau lebih sendi. This system became known as Système Panhard after the automobile company Panhard et Levassor patented it. Sistem ini dikenal sebagai Système Panhard setelah perusahaan mobil Panhard et Levassor dipatenkan itu.Most of these vehicles have a clutch and gearbox (or transmission) mounted directly on the engine with a drive shaft leading to a final drive in the rear axle. Sebagian besar kendaraan ini memiliki kopling dan gearbox (atau pengiriman) yang dipasang secara langsung pada mesin dengan poros kardan menuju final drive di poros belakang. When the vehicle is stationary, the drive shaft does not rotate. Ketika kendaraan diam, drive shaft tersebut tidak berputar. A few, mostly sports, cars seeking improved weight balance between front and rear, and most commonly Alfa Romeos or Porsche 924s , have instead used a rear-mounted transaxle . Beberapa, kebanyakan olahraga, mobil mencari keseimbangan antara peningkatan berat depan dan belakang, dan paling sering Alfa Romeo atau Porsche 924s, telah malah menggunakan belakang terpasang transaxle. This places the clutch and transmission at the rear of the car and the drive shaft between them and the engine. Tempat ini kopling dan transmisi di bagian belakang mobil dan dorongan poros antara mereka dan mesin. In this case the drive shaft rotates continuously as long as the engine does, even when the car is stationary and out of gear. Dalam kasus ini poros kardan terus berputar selama mesin tidak, bahkan ketika mobil stasioner dan keluar dari gigi.
Early automobiles often used chain drive or belt drive mechanisms rather than a drive shaft. Awal mobil sering digunakan rantai drive atau drive belt mekanisme daripada poros kardan. Some used electrical generators and motors to transmit power to the wheels. Beberapa menggunakan generator listrik dan motor untuk mengirimkan daya ke roda.
Front-wheel drive Front-wheel drive
In British English, the term "drive shaft" is restricted to a transverse shaft that transmits power to the wheels, especially the front wheels. Di Inggris, istilah "poros kardan" dibatasi pada poros melintang yang mentransmisikan daya ke roda, terutama roda depan. A drive shaft connecting the gearbox to a rear differential is called a propeller shaft , or prop-shaft . Sebuah batang penggerak yang menghubungkan gearbox ke diferensial belakang disebut poros baling-baling, atau prop shaft. A prop-shaft assembly consists of a propeller shaft, a slip joint and one or more universal joints . Sebuah batang prop perakitan terdiri dari baling-baling, sebuah slip bersama dan satu atau lebih universal joint. Where the engine and axles are separated from each other, as on four-wheel drive and rear-wheel drive vehicles, it is the propeller shaft that serves to transmit the drive force generated by the engine to the axles. Di mana mesin dan poros terpisah satu sama lain, seperti pada roda empat dan roda belakang kendaraan, itu adalah poros baling-baling yang berfungsi untuk menyampaikan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke as roda.A drive shaft connecting a rear differential to a rear wheel may be called a half shaft . Sebuah poros kardan belakang diferensial menghubungkan ke roda belakang dapat disebut setengah poros. The name derives from the fact that two such shafts are required to form one rear axle. Nama ini berasal dari fakta bahwa dua shaft seperti itu diperlukan untuk membentuk satu poros belakang.
Several different types of drive shaft are used in the automotive industry: Beberapa jenis poros kardan digunakan dalam industri otomotif:
- 1-piece drive shaft 1-piece poros kardan
- 2-piece drive shaft 2-piece poros kardan
- Slip-in-tube drive shaft Slip-in-tabung poros kardan
Four wheel and all-wheel drive Empat roda dan all-wheel drive
These evolved from the front-engine rear-wheel drive layout. Ini berevolusi dari mesin depan belakang-wheel drive layout. A new form of transmission called the "transfer box" was placed between transmission and final drives in both axles. Sebuah bentuk transmisi baru yang disebut "transfer kotak" itu ditempatkan antara transmisi dan final drive di kedua as roda. This split the drive to the two axles and may also have included reduction gears, a dog clutch or differential. Perpecahan ini perjalanan ke dua as roda dan mungkin juga telah termasuk pengurangan persneling, seekor anjing kopling atau diferensial. At least two drive shafts were used, one from the transfer box to each axle. Setidaknya dua drive shafts digunakan, satu dari kotak transfer untuk masing-masing poros. In some larger vehicles, the transfer box was centrally mounted and was itself driven by a short drive shaft. Dalam beberapa kendaraan besar, kotak itu transfer terpusat terpasang dan itu sendiri didorong oleh poros kardan singkat. In vehicles the size of a Land Rover , the drive shaft to the front axle is noticeably shorter and more steeply articulated than the rear shaft, making it a more difficult engineering problem to build a reliable drive shaft, and which may involve a more sophisticated form of universal joint. Dalam kendaraan seukuran Land Rover, drive poros ke poros depan adalah terasa lebih singkat dan lebih curam diartikulasikan daripada poros belakang, membuatnya menjadi lebih sulit masalah teknik untuk membangun poros kardan yang dapat diandalkan, dan yang mungkin melibatkan bentuk yang lebih canggih universal bersama.Modern light cars with all-wheel drive (notably Audi or the Fiat Panda ) may use a system that more closely resembles a front-wheel drive layout. Cahaya modern mobil dengan all-wheel drive (terutama Audi atau Fiat Panda) dapat menggunakan sistem yang lebih menyerupai sebuah front-wheel drive layout. The transmission and final drive for the front axle are combined into one housing alongside the engine, and a single driveshaft runs the length of the car to the rear axle. Transmisi dan terakhir dorongan untuk as roda depan digabungkan menjadi satu perumahan di samping mesin, dan satu driveshaft menjalankan panjang mobil untuk poros belakang. This is a favoured design where the torque is biased to the front wheels to give car-like handling, or where the maker wishes to produce both four-wheel drive and front-wheel drive cars with many shared components. Ini adalah desain disukai di mana bias torsi ke roda depan untuk memberikan mobil-seperti penanganan, atau di mana pembuat ingin menghasilkan keduanya four-wheel drive dan front-wheel drive mobil dengan banyak komponen bersama.
Drive shaft for Research and Development (R&D) Drive poros Penelitian dan Pengembangan (R & D)
The automotive industry also uses drive shafts at testing plants. Industri otomotif juga menggunakan pengujian drive shaft pada tanaman. At an engine test stand a drive shaft is used to transfer a certain speed / torque from the combustion engine to a dynamometer . Pada tes mesin berdiri sebuah poros drive digunakan untuk mentransfer kecepatan tertentu / torsi dari mesin pembakaran ke dynamometer. A "shaft guard" is used at a shaft connection to protect against contact with the drive shaft and for detection of a shaft failure. Sebuah "poros penjaga" digunakan pada sambungan poros untuk melindungi kontak dengan poros kardan dan untuk mendeteksi kegagalan suatu poros. At a transmission test stand a drive shaft connects the prime mover with the transmission. Pada tes transmisi berdiri sebuah drive menghubungkan poros penggerak utama dengan transmisi.[ edit ] Motorcycle drive shafts [Sunting] Motorcycle drive shaft
Drive shafts have been used on motorcycles almost as long as there have been motorcycles. Drive shaft telah digunakan pada sepeda motor hampir selama ada sepeda motor. As an alternative to chain and belt drives, drive shafts offer relatively maintenance-free operation and long life. Sebagai alternatif untuk rantai dan sabuk drive, drive shaft relatif menawarkan operasi bebas pemeliharaan dan umur panjang. A disadvantage of shaft drive on a motorcycle is that gearing is needed to turn the power 90° from the shaft to the rear wheel, losing some power in the process. Sebuah Kerugian poros drive pada motor adalah bahwa gearing yang dibutuhkan untuk menghidupkan daya 90 ° dari poros ke roda belakang, kehilangan kekuasaan tertentu dalam proses. On the other hand, it is easier to protect the shaft linkages and drive gears from dust, sand and mud. Di sisi lain, lebih mudah untuk melindungi hubungan dan mengusir poros gigi dari debu, pasir dan lumpur.The best known motorcycle manufacturer to use shaft drive for a long time — since 1923 — is BMW . Yang paling terkenal produsen sepeda motor menggunakan poros mengemudi untuk waktu yang lama - sejak tahun 1923 - adalah BMW. Among contemporary manufacturers, Moto Guzzi is also well-known for its shaft drive motorcycles. Di antara produsen kontemporer, Moto Guzzi juga terkenal karena poros drive sepeda motor. The British company, Triumph and all four Japanese brands, Honda , Suzuki , Kawasaki and Yamaha , have produced shaft drive motorcycles. Perusahaan Inggris, Triumph dan semua empat merek Jepang, Honda, Suzuki, Kawasaki dan Yamaha, telah menghasilkan drive shaft sepeda motor. All geared models of the Vespa scooter produced to date have been shaft-driven. Semua model disesuaikan Vespa skuter yang diproduksi sampai saat ini poros-driven. The automatic models, however, use a belt. Model otomatis, bagaimanapun, gunakan ikat pinggang.
Motorcycle engines positioned such that the crankshaft is longitudinal and parallel to the frame are often used for shaft driven motorcycles. Mesin sepeda motor diposisikan sedemikian rupa sehingga poros engkol adalah longitudinal dan sejajar dengan bingkai sering digunakan untuk poros digerakkan motor. This requires only one 90° turn in power transmission, rather than two. Ini hanya memerlukan satu 90 ° gilirannya dalam kekuasaan transmisi, bukan dua. Moto Guzzi, BMW, Triumph, and Honda use this engine layout. Moto Guzzi, BMW, Triumph, dan Honda menggunakan tata letak mesin ini.
Motorcycles with shaft drive are subject to shaft effect where the chassis climbs when power is applied. Motor dengan drive shaft tunduk pada efek poros di mana sasis naik ketika kekuasaan diterapkan. This is counteracted with systems such as BMW's Paralever , Moto Guzzi's CARC and Kawasaki's Tetralever . Ini menetral dengan sistem seperti BMW Paralever, Moto Guzzi's CARC dan Kawasaki's Tetralever.
[ edit ] Marine drive shafts [Sunting] Kelautan drive shaft
On a power-driven ship, the drive shaft, or propeller shaft, usually connects the transmission inside the vessel directly to the propeller , passing through a stuffing box or other seal at the point it exits the hull . Pada kapal yang digerakkan oleh kekuatan, drive shaft, atau baling-baling, biasanya menghubungkan transmisi di dalam kapal langsung ke baling-baling, melewati sebuah kotak isian atau segel pada titik itu keluar dari lambung. There is also a thrust block , a bearing to resist the axial force of the propeller. Ada juga sebuah blok dorong, sebuah bantalan untuk melawan kekuatan aksial baling-baling. As the rotating propeller pushes the vessel forward, any length of drive shaft between propeller and thrust block is subject to compression , and when going astern to tension . Seperti baling-baling yang berputar mendorong kapal ke depan, setiap batang penggerak panjang antara blok baling-baling dan mendorong tunduk pada kompresi, dan ketika akan ke astern ketegangan. Except for the very smallest of boats, this force isn't taken on the gearbox or engine directly. Kecuali untuk yang sangat terkecil perahu, gaya ini tidak diambil pada gearbox atau mesin secara langsung.Cardan shafts are also often used in marine applications between the transmission and either a propeller gearbox or waterjet. Cardan shaft juga sering digunakan dalam aplikasi laut antara transmisi dan baik gearbox baling-baling atau jet air.
Locomotive drive shafts Lokomotif drive shaft
Cardan shafts are used in some diesel locomotives (mainly diesel-hydraulics, such as British Rail Class 52 ) and some electric locomotives (eg British Rail Class 91 ). Cardan shaft digunakan dalam beberapa lokomotif diesel (terutama diesel-hidrolik, seperti British Rail Class 52) dan beberapa lokomotif listrik (misalnya British Rail Class 91). They are also widely used in diesel multiple units . Mereka juga banyak digunakan di beberapa unit diesel.[ edit ] Drive shafts in Bicycles [Sunting] Drive shaft di Sepeda
The drive shaft has served as an alternative to a chain-drive in bicycles for the past century, although never becoming very popular. Poros drive pernah menjabat sebagai alternatif rantai-drive di sepeda selama abad, walaupun tidak pernah menjadi sangat populer. A shaft-driven bicycle is described as an "Acatane", from one of their early makers. Sebuah sepeda yang digerakkan oleh poros digambarkan sebagai sebuah "Acatane", dari salah satu keputusan awal mereka. When used on a bicycle, a drive shaft has several advantages and disadvantages: Ketika digunakan pada sepeda, poros kardan memiliki beberapa keuntungan dan kerugian:Advantages Keuntungan
- Drive system is less likely to become jammed or broken, a common problem with chain-driven bicycles Sistem drive kurang cenderung menjadi macet atau rusak, masalah yang umum yang digerakkan dengan rantai sepeda
- The use of a gear system creates a smoother and more consistent pedaling motion Penggunaan sistem gear menciptakan yang lebih halus dan lebih konsisten gerakan mengayuh
- The rider cannot become dirtied from chain grease or injured by the chain from "Chain bite", which occurs when clothing or even a body part catches between the chain and a sprocket Pengendara tidak bisa menjadi kotor dari rantai lemak atau terluka oleh rantai dari "Rantai menggigit", yang terjadi saat pakaian atau bahkan menangkap bagian tubuh antara rantai dan sprocket
- Lower maintenance than a chain system when the drive shaft is enclosed in a tube, the common convention Pemeliharaan lebih rendah daripada sistem rantai poros drive tertutup dalam sebuah tabung, konvensi umum
- More consistent performance. Kinerja yang lebih konsisten. Dynamic Bicycles claims that a drive shaft bicycle consistently delivers 94% efficiency, whereas a chain-driven bike can deliver anywhere from 75-97% efficiency based on condition. Dynamic Sepeda mengklaim bahwa sebuah sepeda poros kardan secara konsisten memberikan efisiensi 94%, sedangkan yang digerakkan rantai sepeda di mana saja dapat memberikan efisiensi 75-97% berdasarkan kondisi.
- Greater clearance: with the absence of a derailleur or other low-hanging machinery, the bicycle has nearly twice the ground clearance Greater clearance: dengan tidak adanya derailleur atau lainnya tergantung mesin rendah, sepeda hampir dua kali lipat dari ground clearance
- For bicycle rental companies, a drive-shaft bicycle is less prone to be stolen, since the shaft is non-standard, and both noticeable and non-maintainable. Untuk perusahaan penyewaan sepeda, drive-poros sepeda kurang rawan dicuri, karena poros non-standar, dan keduanya terlihat dan non-maintainable. This type of bicycle is in use in several major cities of Europe, where there have been large municipal funded, public (and automatic) bicycle rental projects. Sepeda jenis ini sedang digunakan di beberapa kota besar di Eropa, di mana ada kota besar didanai, publik (dan otomatis) proyek sewa sepeda.
Disadvantages Kekurangan
- A drive shaft system weighs more than a chain system, usually 1-2 pounds heavier Suatu sistem poros kardan lebih berat daripada sistem rantai, biasanya 1-2 pound lebih berat
- At optimum upkeep, a chain delivers greater efficiency Pada pemeliharaan yang optimal, sebuah rantai memberikan efisiensi yang lebih besar
- Many of the advantages claimed by drive shaft's proponents can be achieved on a chain-driven bicycle, such as covering the chain and gears with a metal or plastic cover Banyak keuntungan yang diklaim oleh para pendukung poros kardan yang dapat dicapai pada rantai-sepeda didorong, seperti menutupi rantai dan roda gigi dengan logam atau plastik penutup
- Use of lightweight derailleur gears with a high number of ratios is impossible, although hub gears can be used Penggunaan ringan derailleur gigi dengan jumlah tinggi rasio adalah mustahil, meskipun persneling hub dapat digunakan
- Wheel removal can be complicated in some designs (as it is for some chain-driven bicycles with hub gears). Roda penghapusan dapat menjadi rumit dalam beberapa desain (seperti yang untuk beberapa rantai sepeda yang digerakkan dengan hub roda gigi).
0 komentar:
Posting Komentar