C. Prinsip Kerja Sistem Pendinginan Mesin Toyota Kijang 5K
Air pendingin yang masih dingin ditampung didalam radiator, setelah mesin
dihidupkan dan suhu naik, air pendingin tersebut dipompa menuju ke cylinder
head. Air pendingin yang telah panas sekitar 82°C akan membuka katup
thermostat, dan mengalirkan air pendingin yang telah panas tersebut ke radiator
untuk didinginkan kembali. Pendingin radiator dibantu oleh isapan angin dari
kipas pendingin yang berputar. Proses pendinginan ini akan berlangsung pada saat
mesin hidup.
Pompa air yang digunakan adalah tipe sentrifugal yang dipasang pada
bagian depan blok silinder. Pada poros pompa terdapat puli kipas udara yang
digerakkan oleh poros engkol melalui tali kipas udara.
Keterangan :
1. Radiator.
2. Cylinderhead.
3. Thermostat.
4. Kipas.
Gambar 2. Aliran Air Pendingin
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Entri Populer
-
Chassis pada mobil meliputi suspensi yang menopang axle, kemudi untuk mengatur arah kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan jala...
-
Simbol Listrik dan Simbol Komponen Elektronika Hello sahabat Elind, berjumpa lagi. Kali ini Elind akan berbagi tentang simbol listrik dan...
-
MODUL PEMELIHARAN/SERVIS Sistem KEMUDI dan Komponen-komponennya ©coppyright; Asnawi 1. Tujuan Pembelajaran Umum a. Memahami k...
-
1. Nama-nama komponen utama AC (Air Conditioners) AC atau Air Conditioners, adalah suatu rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi...
-
Artikel ini memuat tentang cara kerja pengapian mesin mobil (ignition) pada umumnya, baik dengan menggunakan platina maupun dengan mengguna...
0 komentar:
Posting Komentar