Crank pin & journal poros menerima beban yang berat saat mesin
berputar, oleh karena itu diperlukan bantalan (biasa disebut metal) yang dilumasi oli untuk mengurangi beban gesekan tersebut agar mesin bisa berputar lembut dan mendapatkan performa yang bagus.
2. Macam Bantalan
Pada poros
engkol dan bagian lain yang berputar dengan kecepatan tinggi dan
berbeban berat biasanya menggunakan bantalan tipe sisipan (insert type
bearing). bantalan tipe ini mempunyai kemampuan untuk mencegah gesekan
yang baik.
Berikut beberapa tipe dari bantalan sisipan:
a. Logam Putih
Logam putih adalah lapisan baja yang dilapisi timah putih, timah hitam,
seng dan bahan lain, tipe ini biasanya digunakan pada mesin dengan beba
ringan.
b. Logam Kelmet
Logam kelmet adalah lapisan baja yang dilapisi timah hitam dan tembaga,
logam kelmet lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan logam putih,
oleh karena itu biasanya digunakan pada mesin yang berbeban labih
tinggi.
c. Alumunium
Pada tipe ini lapisan baja dilebur dengan alumunium, sehingga tipe ini
memiliki efek pelepasan panas yang bagus, tipe ini sekarang lebih
populer dan banyak digunakan pada mesin bensin.
3. Celah Oli Bantalan
Pada
bantalan tersebut selain harus memiliki bahan yang bagus juga
memerlukan pelumasan untuk meminimalisir keausan, nah agar oli bisa
mengalir pada bantalan, diperlukan celah yang cukup. Pada umumnya celah
oli ini berkisar antara 0,02-0,06 mm dan bisa berbeda pada tiap tipe
mesin.
sumber:
0 komentar:
Posting Komentar