Mobil – mobil yang menginginkan performa yang prima dengan tenaga yang optimal, bisa mengadopsi teknologi supercharger. Supercharger adalah perangkat yang fingsinya sama seperti turbo yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi volumetrik pada mesin.
Dimana efisiensi volumetrik menunjukkan berapa jumlah campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Semakin banyak campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, maka pembakaran dalam ruang bakarpun akan semakin besar. Yang pada akhirnya akan tenaga yang dihasilkanpun juga akan semakin besar pula.
Dalam keadaan ideal bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar akan masuk seratus persen, tapi dalam kondisi sebenarnya bahan bakar yang bisa masuk kurang dari seratus persen dari kapasitas ruang bakar. hal tersebut di sebabkan oleh adanya gesekan dengan komponen mulai dari filter, intake manifold, hingga intake valve.
Dengan adanya supercharger maka bahan bakar akan dibantu masuk ke ruang bakar dengan memompanya sehingga volume bahan bakar yang masuk menjadi lebih banyak. udara dan bahan bakar semakin banyak yang masuk kedalam ruang bakar sehingga efisiensi volumetrik mesin meningkat. Dengan mengingkatnya efisiensi volumetrik maka tenaga akan meningkat.
Supercharger yang terdapat pada mobil memanfaatkan putaran mesin untuk bekerja. Supercharger bergerak menggunakan pulley (driven pulley., supercharger terdiri dari pompa yang memompa udara ke ruang bakar.
Mesin berputar selanjutnya putaran pada poros engkol disalurkan melalui driver pulley pada Supercharger.
Kelebihan dari mobil yang menggunakan supercharger adalah tenaga mesin bisa terus terisi mulai dari rpm rendah sampai pada rpm tinggi, karena kerja dari supercharger berdasarkan pada putaran mesin.
RPM Supercharger bisa diatur dengan menggunakan diameter Pulley yang berbeda. Semakin kecil driven pulley Supercharger, maka RPM Supercharger akan semakin tinggi dan menghasilkan tekanan yang tinggi juga.
perlu diingat juga karena sebagian tenaga mesin digunakan untuk menggerakkan Supercharger maka akan berakibat tenaga di Putaran atas kurang terasa signifikan.
Sumber:
duniabengkel.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Entri Populer
-
Chassis pada mobil meliputi suspensi yang menopang axle, kemudi untuk mengatur arah kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan jala...
-
Simbol Listrik dan Simbol Komponen Elektronika Hello sahabat Elind, berjumpa lagi. Kali ini Elind akan berbagi tentang simbol listrik dan...
-
MODUL PEMELIHARAN/SERVIS Sistem KEMUDI dan Komponen-komponennya ©coppyright; Asnawi 1. Tujuan Pembelajaran Umum a. Memahami k...
-
1. Nama-nama komponen utama AC (Air Conditioners) AC atau Air Conditioners, adalah suatu rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi...
-
Artikel ini memuat tentang cara kerja pengapian mesin mobil (ignition) pada umumnya, baik dengan menggunakan platina maupun dengan mengguna...
0 komentar:
Posting Komentar