POROS DIFERENSIAL

diferensial adalah perangkat, biasanya tetapi tidak harus menggunakan roda gigi, yang mampu mentransmisikan torsi dan rotasi melalui tiga poros, hampir selalu digunakan dalam salah satu dari dua cara. Dalam satu cara, ia menerima satu input dan menyediakan dua output; ini ditemukan dalam mobil yang paling. Dengan cara yang lain, menggabungkan dua masukan untuk menciptakan sebuah output yang jumlah, perbedaan, atau rata-rata, dari input.
Dalam mobil dan kendaraan roda lainnya, diferensial memungkinkan masing-masing mengemudi roadwheels untuk memutar pada kecepatan yang berbeda, sedangkan untuk kendaraan yang paling memasok torsi sama dengan masing-masing. [ 1 ] Dalam aplikasi otomotif, perumahan diferensial bahasa sehari-hari kadang-kadang disebut labu "" sebagai perumahan diferensial biasanya m

Tujuan

Sebuah kendaraan roda memutar pada kecepatan yang berbeda, terutama ketika sudut balik. diferensial ini dirancang untuk mendorong sepasang roda dengan torsi yang sama, sementara memungkinkan mereka untuk memutar pada kecepatan yang berbeda. Dalam kendaraan tanpa diferensial, seperti kart , baik roda mengemudi dipaksa untuk memutar pada kecepatan yang sama, biasanya pada umum as roda didorong oleh mekanisme rantai-drive sederhana. Ketika menikung, roda batin perlu menempuh jarak lebih pendek dari roda luar, sehingga dengan diferensial tidak, hasilnya adalah roda dalam pemintalan dan / atau menyeret roda luar, dan ini menyebabkan sulit diprediksi dan penanganan sulit, kerusakan ban dan jalan, dan regangan pada (atau kegagalan kemungkinan) seluruh drivetrain .


Sejarah

Ada banyak klaim penemuan gigi diferensial, tetapi kemungkinan besar itu dikenal, setidaknya di beberapa tempat, di zaman kuno. Berikut adalah beberapa tonggak dalam sejarah perangkat ini.

  • 1050 SM - 771 SM : The Book of Song mengklaim Menunjuk Selatan Chariot , yang menggunakan roda gigi diferensial, diciptakan selama Barat Dinasti Zhou di Cina.
  • 200-100 SM - The mekanisme Antikythera : Perangkat luar biasa untuk tingkat miniaturisasi dan kompleksitas dari komponen, yang sebanding dengan jam abad ke-18.Memiliki lebih dari 30 roda gigi, meskipun Michael Wright (lihat di bawah) telah mengusulkan sebanyak 72 gigi, dengan gigi terbentuk melalui segitiga sama sisi, Di Yunani
  • 227-239 AD - Meskipun keraguan dari sesama menteri di istana, Ma Juni dari Kerajaan Wei di Cina menciptakan yang diverifikasi pertama historis Menunjuk Selatan Chariot , yang memberikan arah kardinal sebagai non- magnetik , mekanik kompas .
  • 658, 666 AD - dua biksu Budha Cina dan insinyur membuat Chariots Menunjuk Selatan untuk Kaisar Tenji Jepang.
  • 1027, 1107 AD - reproduksi terdokumentasi Cina Selatan Menunjuk Chariot oleh Yan Su dan kemudian Wu Deren, yang dijelaskan secara rinci fungsi mekanik dan perangkat rasio roda gigi yang jauh lebih dari sebelumnya catatan Cina.
  • 1720 - Joseph Williamson menggunakan gigi diferensial dalam jam.
  • 1810 - Rudolph Ackermann Jerman menciptakan suatu-sistem empat roda kemudi untuk kereta, yang beberapa penulis kemudian keliru laporan sebagai sebuah diferensial.
  • 1827 - diferensial otomotif modern dipatenkan oleh tukang arloji Onésiphore Pecqueur (1792-1852) dari konservatori des Arts et Métiers di Perancis untuk digunakan pada kereta uap . (Sources: Britannica Online and [1] ) (Sumber: Britannica Online dan [1] )
  • 1832 - Richard Roberts paten 'gigi Inggris kompensasi', sebuah perbedaan untuk jalan lokomotif .
  • 1876 - James Starley dari Coventry -drive menciptakan rantai diferensial untuk digunakan pada sepeda ; penemuan kemudian digunakan pada mobil oleh Karl Benz .
  • 1897 - Penggunaan pertama Australia diferensial pada mobil uap oleh David Shearer .
  • 1913 - Packard memperkenalkan-gigi diferensial spiral, yang memotong gigi kebisingan.
  • 1926 - memperkenalkan Packard hypoid diferensial, yang memungkinkan poros baling-baling dan punuk di bagian dalam mobil yang akan diturunkan.
  • 1958 - Vernon Gleasman mempatenkan Torsen Dual-Drive Diferensial, jenis slip differential terbatas yang bergantung semata-mata pada tindakan gearing bukan kombinasi cengkeraman dan gigi.

deskripsi

Sebuah gambar cutaway dari mobil belakang sebuah gandar , menunjukkan roda mahkota dan sayap dari drive akhir, dan roda gigi diferensial lebih kecil
Uraian berikut diferensial yang berlaku untuk mobil yang "tradisional" rear-wheel-drive atau truk:
Torsi dipasok dari mesin, melalui transmisi , ke poros drive (istilah Inggris: 'poros baling-baling', biasa dan informal disingkat 'prop-poros'), yang membentang ke drive unit final dan mengandung diferensial. Sebuah spiral bevel sayap gigi mengambil drive dari akhir poros baling-baling, dan terbungkus dalam wadah unit final drive.Ini jerat dengan roda gigi kerucut spiral besar cincin, yang dikenal sebagai mahkota roda . Roda mahkota dan sayap mungkin mesh di hypoid orientasi, tidak akan ditampilkan.Roda gigi mahkota terpasang ke operator diferensial atau kandang, yang berisi matahari 'dan' planet 'roda atau roda gigi, yang merupakan cluster empat menentang roda gigi bevel di bidang tegak lurus, sehingga setiap jerat roda gigi kerucut dengan dua tetangga, dan berputar berlawanan dengan yang ketiga, yang dihadapinya dan tidak mesh dengan.Ming roda gigi roda dua yang sejajar pada sumbu sama dengan roda gigi mahkota, dan drive poros shaft setengah terhubung ke kendaraan roda didorong Dua roda gigi planet lain selaras pada sumbu yang tegak lurus perubahan orientasi dengan rotasi gigi ring. Dalam dua angka yang ditunjukkan di atas, hanya satu roda gigi planet (hijau) digambarkan, Namun, sebagian besar aplikasi otomotif berisi dua roda gigi planet yang berlawanan. desain diferensial lain menggunakan nomor yang berbeda dari roda gigi planet, tergantung pada ketahanan. Seperti berputar operator diferensial, orientasi sumbu perubahan planet gigi mengajarkan gerakan gigi cincin untuk gerakan matahari gigi dengan mendorong mereka daripada berbalik melawan mereka (yaitu, gigi yang sama tinggal di mesh yang sama atau kontak posisi), tapi karena roda gigi planet tidak terbatas dari berbalik melawan satu sama lain, dalam gerakan itu, roda gigi counter-Ming dapat memutar relatif ke gigi cincin dan satu sama lainnya dengan gaya yang sama (dalam hal ini gigi yang sama melakukan tidak tinggal di kontak).
Jadi, misalnya, jika mobil itu berbelok ke kanan, roda mahkota utama dapat membuat 10 putaran penuh. Selama waktu itu, roda kiri akan membuat rotasi lebih karena telah lebih jauh melakukan perjalanan, dan roda kanan akan membuat putaran lebih sedikit karena memiliki kurang jarak perjalanan. gigi Matahari (yang drive-shaft poros setengah) akan memutar berlawanan arah relatif ke gigi cincin oleh, katakanlah, 2 purna ternyata masing-masing (4 penuh berubah relatif terhadap satu sama lain), sehingga roda kiri membuat 12 rotasi, dan roda kanan membuat 8 putaran.
Rotasi dari roda gigi mahkota selalu rata-rata dari rotasi dari roda gigi sisi Ming Inilah sebabnya, jika roadwheels didorong diangkat jelas tanah dengan mesin off, dan poros kardan diadakan (katakanlah meninggalkan transmisi 'di gigi, mencegah gigi cincin dari balik dalam diferensial), secara manual satu didorong berputar roadwheel menyebabkan roadwheel berlawanan dengan memutar dalam arah yang berlawanan dengan jumlah yang sama.
Ketika kendaraan tersebut berpergian dalam garis lurus, tidak akan ada pergerakan diferensial dari sistem roda gigi planet selain gerakan menit yang diperlukan untuk mengimbangi perbedaan kecil dengan diameter roda, undulations di jalan (yang membuat untuk roda lebih panjang atau pendek jalan), dll

ARB, Air Locking Differential ARB, Air Mengunci Diferensia

0 komentar:

Posting Komentar

next page

Entri Populer

top