Soichiro Honda


Saichiro Honda mendapatkan julukan "The Japanese Henry Ford". Dan menjadi salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 1980 versi majalah People.

Soichiro Honda di masa mudaSoichiro Honda , 本田宗一郎, Honda Sōichirō, November 17, 1906 – August 5, 1991) adalah seorang engineer dan industrialis, dan pendiri Honda Motor Co. Ltd. Soichiro lahir di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.

Honda menghabiskan masa kecilnya bekerja membantu ayahnya sebagai seorang pandai besi, dengan bisnis perbaikan sepeda. Ibunya, Mika, bekerja sebagai seorang penjahit. Disaat usianya yang ke-15, tanpa memiliki bekal pendidikan formal, Honda pergi ke Tokyo untuk mencari pekerjaan. Bekerja magang di sebuah bengkel pada tahun 1922 sebagai mekanik mobil selama 6 tahun sebelum kembali ke kediamannya dan membuka bisnis bengkel mobil pada tahun 1928 saat usianya 22 tahun.

Pada tahun 1948, Honda memulai membuat sepeda motor sebagai seorang presiden dari Honda Motor Company. Honda berhasil mengubah perusahaan tersebut menjadi perusahaan jutaan dollar berskala multinasional yang memproduksi motor dengan penjualan terbanyak di dunia.

Soichiro HondaHonda tetap menjadi presiden perusahaan tersebut sampai tahun 1973, dengan jabatan direktur, kemudian ditetapkan sebagai "supreme adviser" pada tahun 1983. Status legendarisnya menjadikan majalah People menempatkannya di dalam daftar "25 Most Intriguing People of the Year" pada tahun 1980, dan mendapat julukan "The Japanese Henry Ford". Di masa pensiunnya, ia menyibukkan diri di Yayasan Honda.

Di usianya yang lanjut, Soichiro dan istrinya Sachi bahkan memiliki lisensi pilot pribadi. Ia juga menyukai ski, hang-gliding, dan balooning di usianya yang ke 77. Putranya Hirotoshi Honda, pendiri, dan sekaligus sebagai CEO Mugen Motorsports, sebuah modifikasi untuk kendaraan Honda yang juga membuat kendaraan-kendaraan balapnya sendiri.

Soichiro Honda meninggal pada tanggal 5 Agustus 1991 akibat gagal liver.

0 komentar:

Posting Komentar

next page

Entri Populer

top