Banyak pada pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil yang menginginkan kendaraannya dapat memperkecil konsumsi BBM kendaraannya seefisien mungkin. Tetapi setelah hampir 6bulan ini saya berjalan 35KM dari rumah ke kampus dan ke rumah lagi dan melewati banyak jenis kondisi perjalanan. Tetapi pada kenyataannya banyak para pengendara dan pengemudi ini hanya sampai di mulut saja rasa ingin hemat bahan bakar, tidak sampai pada tindakannya. Mau bukti??? Kalau memang mau menghemat konsumsi BBM kenapa setiap lampu merah menjadi hijau para pengendara pasti menarik gas hingga rpm tinggi dan cara pengendaraannya yang sangat tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
Saya memiliki satu cara dan ini memang merupakan inti dari pembahasan kita pada kali ini.
MATIKAN MESIN KENDARAAN ANDA SAAT TERJEBAK LAMPU MERAH
Ada yang mau beri komentar??? Ssstttt…. Tunggu dulu, baca dulu penjelas saya dulu….
Ya, ini merupakan cara termudah dan berakibat yang sangat signifikan bagi lingkungan kita. Kita cukup mematikan mesin kendaraan kita saat sedang menunggu lampu merah tersebut menjadi hijau.
Pertanyaan yang mungkin terlintas di benak kawan – kawan:
Q: Dari mana kita tahu seberapa lama lampu merah itu akan menyala???
A:Hampir seluruh lampu merah dijalan protokol sudah memiliki seberapa lama lampu merah tersebut menyala (dalam detik). Dengan begitu kita bisa mengetahui seberapa lama lagi lampu merah tersebut akan menyala. Dan apabila angka pada lampu merah sudah berada dibawah 10detik, barulah kita menyalakan mesin kita sebagai jarak waktu kita untuk manyalakan mesin. Nah, memang masih ada beberapa lampu merah yang belum dilengkapi dengan angka seberapa lama lampu merah menyala. Caranya mudah, bagi anda yang hampir setiap hari melewati jalan tersebut pasti anda tahu giliran jalur mana yang akan lampu hijau selanjutnya. Dengan begitu anda juga memiliki perkiraan untuk menyalakan mesin.
Selain itu, coba tanamkan tindakan ini pada benak anda untuk
TIDAK MEMAINKAN GAS SAAT MENUNGGU LAMPU MERAH
Selama beberapa bulan ini saya kuliah dengan jarak yang cukup lumayan, saya memperhatikan beberapa teman rider yang tidak sabar dengan lampu merah sehingga sering kali mereka memainkan gas pada kendaraan mereka. TAHUKAH ANDA??? Untuk motor atau mobil yang masih memakai Karburator, terdapat sebuah pompa yang disebut pompa akselerator. Sehinnga apabila gas dimainkan pada pompa akselerator pun akan menyemburkan bensin yang jauh lebih banyak dari pada biasanya, otomatis konsumsi BBMpun menjadi lebih boros. Begitupun bagi kendaraan yang sudah memakai sistem injeksi.
COBA TEMAN – TEMAN (BAIK PENGGUNA MOTOR MAUPUN MOBIL) MERENUNGKAN HAL INI. MUNGKIN ANDA HANYA PERPIKIR “HAL SEPERTI ITU TIDAK AKAN MEMBANTU MEMULIHKAN DUNIA KITA YANG SEDANG SAKIT”. TETAPI, COBA PIKIRKAN KALAU 35% (PERSENTASENYA GA USA BANYAK” DULU, KARENA GA SEMUA RIDER & DRIVER MEMBACA POSTING INI :D ) DARI SELURUH PENGENDARA MELAKUKAN HAL INI. COBA BAYANGKAN BAGI KELANGSUNGAN DUNIA KITA, PENGHEMATAN BBM YANG KITA GUNAKAN, DAN UANG YANG KITA ALOKASIKAN UNTUK BIAYA TRANSPORT PASTI AKAN LEBIH KECIL.

0 komentar:

Posting Komentar

next page

Entri Populer

top