1.Konstruksi
Blok
silinder merupakan inti dari pada mesin, dan bahan dari silinder blok
kebanyakan terbuat dari besi tuang, tapi pada mesin dengan teknologi
tinggi seperti sekarang blok silinder terbuat dari paduan alumunium,
karena alumunium lebih mudah meradiasikan panas alias lebih mudah
dingin. Blok silinder dilengkapi dengan rangka yangkuat untuk menopang
bodi silinder blok, didalamnya terdapat tabung silinder tempat piston
turun naik, blok silinder ditutup bagian atasnya oleh kepala silinder
dan diantara blok dan kepala silinder terdapat gasket untuk mencegah
kebocoran, dan dibagian bawah terdapat bak penampung oli yang terdapat
bagian lain dari
mesin. Didalam blok silinder juga terdapat lubang tempat sirkulasi air pendingin yang biasa disebut Water Jacket.
mesin. Didalam blok silinder juga terdapat lubang tempat sirkulasi air pendingin yang biasa disebut Water Jacket.
2. Silinder
Orang bengkel biasa nyebut boring, tapi
bukan sumpek alias bosan lho.. ini tempat piston turun naik untuk
merubah energi panas menjadi energi gerak. Ada dua hal yang harus
diperhatikan agar tercapai e nergi yang seefisien mungkin
- Tidak boleh ada kebocoran selama langkah kompresi.
- Tahanan gesek silinder dan piston harus sekecil mungkin.
Oleh sebab itu pembuatan silinder harus memperhatikan tingkst ketelitian yang tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar