MEKANISME KATUP
1. Kontruksi
Mesin
4 langkah mempunyai langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang,tetapi
kerja katup hanya 2 proses yaitu langkah hisap dan langkah buang.
Mekanisme katup ini dirancang sedemikian rupa sehingga sumbu nock
(camshaft) berpuar satu kali untuk menggerakan katup hisap dan katup
buang setiap 2 kali perputaran poros engkol.
Puli
timing crankshaft dipasang pada ujung poros engkol,dan puli timing
camshaft di pasang pada ujung exhaust camshaft. Exhaust camshaft
digerakan oleh poros engkol melalaui timing belt. Intake camshaft di
gerakan oleh gigi-gigi yang berkaitan pada intake dan exchaust camshaft.
Jumlah dari gigi camshaft timing pulley 2x dari crankshaft timing pulley yang mana sumbu nock yang berputar satu kali untuk setiap 2x putaran poros engkol.
2. Cara Kerja Katup
Bila
poros engkol berputar menyebabkan exchaust camshaft jua berputar
melalaui timing belt, sedangkan intake camshaft diputarkan oleh exchaust
camshaft melalui roda-roda gigi. Bila sumbu nock berputar , nock akan
menekan kebawah pada valve lifter
dan membuka katup. Bila sumbu nock terus berputar , maka katup akan
menutup dengan adanya tekanan pegas. Setiap kali, akn membuka dan
menutup katup hisap dan katup buang 1x pada setiap 2x putaran poros
engkol.
3. Metode Mengerakan Katup
a. Model Timing Gear
Metode
ini digunakan pada mekanismekatup jenis mesin OHV (over haed valve),
yang letak sumbu nocknya didalam block silinder. Timing gaer biasanya
menimbulkan bunyi yang besar dibanding dengan rantai(timing chain),
sehingga mesin bensin model penggerak katup ini menjadi kurang popular
pada esin bensin jaman modern ini.
b. Model Timing Chain
Model
ini digunakan pada mesin OHC (over head camshaft) dan DOHC (dual over
head camshaft) sumbu nocknya terletaka diatas kepala silinder.sumbu nock
digerakan oleh rantai (timing chain) dan roda gigi sprocket sebagai pengganti timing gear. Timing chain dan roda gigi sprocket di lumasi dengan oli.
c. Model Timing Bealt
Sumbu nock (camshaft)
digerakan oleh sabuk yang bergerigi sebagai pengganti timing chain .
sabuk (belt) selain tidak menimbulka bunyi dibanding dengan rantai
(chain), juga tidak diperlukan pelumasan serta penyetelan tegangan.
Kelebihn
lainnya , belt lebih ringan dibanding dengan model lainnya. Oleh karena
itu model ini lebih banyak digunakan pada mesin. Belt penggerak sumbu
nock ini dibuat darii fiberglass yang diperkuat dengan karet sehingga
mempunyai daya renggang yang baik dn hanya mempunyai penguluran yang
kecil bila terjadi panas.
0 komentar:
Posting Komentar