Oli
mesin akan berangsur-angsur menjadi kotor karena pemakaian, Bila ini
dibiarkan bersirkulasi melumasi mesin maka dapat mengakibatkan
komponen
menjadi cepat aus, untuk mencegah hal ini maka perlu dipasang saringan
oli untuk menyaring kotoran tadi. Pada saringan oli juga terdapat relief
valve, bila elemen saringan oli tersumbat kotoran akibat penggantian
saringan yang tidak teratur, maka terjadi perbedaan tekanan antara
saluran masuk dan saluran keluar, dan bila melebihi tekanan yang
ditentukan (sekitar 1kg/cm2, 14psi, atau 98KPa) maka katup bypass akan
membuka dan menyalurkan oli ke saluran bypass element untuk langsung
disalurkan ke komponen mesin sehingga tidak terjadi keterlambatan system
pelumasan yang bias mengakibatkan kerusakan lebih parah.sumber: http://oto-kita.blogspot.com/2011/01/saringan-oli.html
0 komentar:
Posting Komentar